Skripsi
PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS DAN GENDER
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa SMA ditinjau dari resiliensi matematis dan gender. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sobang dengan jumlah sampel sebanyak 167 siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data induktif verifikasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi matematis, angket resiliensi matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan resiliensi matematis tinggi memiliki kemampuan literasi matematis yang jauh lebih baik daripada subjek dengan resiliensi matematis sedang dan rendah. (2) Subjek perempuan memiliki kemampuan literasi matematis yang lebih baik daripada subjek laki-laki. (3) Adanya hubungan antara resiliensi matematis dengan gender terhadap kemampuan literasi matematis ditunjukkan pada subjek perempuan dengan resiliensi matematis sedang terdapat I subjek yang memenuhi sedangkan subjek laki-laki tidak ada yang memenuhi.
Tidak tersedia versi lain