Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN (INTROVERT DAN EKSTROVERT) SISWA SMK DI KABUPATEN LEBAK-BANTEN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan tipe kepribadian (Introvert dan Ekstrovert) siswa SMK di Kabupaten Lebak-Banten. Penelitian ini dilakukan di 3 sekolah SMKN dan 3 sekolah SMKS di Kabupaten Lebak-Banten dengan jumlah sampel penelitian 109 siswa kelas XI dari 6 bidang keahlian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa, angket tipe kepribadian (Introvert dan Ekstrovert), dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa Introvert dengan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, sedang, dan rendah cenderung dapat menyelesaikan soal tipe AKM pada setiap indikator, walaupun terdapat beberapa jawaban yang tidak dilengkapi dengan sistematika jawaban, sedangkan siswa Ekstrovert dengan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, sedang, dan rendah cenderung dapat menyelesaikan soal tipe AKM pada setiap indikator, tetapi kurang teliti dalam mengerjakan soal sehingga hasil jawaban yang diberikan kurang tepat.
Tidak tersedia versi lain