Skripsi
PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MTS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman matematis siswa, serta Tujuan penelitian ini untuk metode pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa tidak aktif dan membuat pembelajaran yang membosankan membuktikan dan mengetahui adanya pengaruh dari metode resitasi terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa MTs Penelitian ini dilakukan di MTs Salafiyah Al Marjan dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal berbentuk uraian Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik total sampling. Dari hasil uji deskriptif statistic Dimana pada kelas kontrol rata-rata nilai pretext sebesar 39,66 dan rata-rata nilai posttest sebesar 69,43. Sedangkan pada kelas eksperimen hasil yang diperoleh pada nilai pretest sebesar 44,56 dan pada nilai posttest sebesar 78,76. Terdapat selisih sebesar 9,33. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Uji regresi linear sederhana dan independen sampel test. Hasil Uji regresi linear sederhana diperoleh nilai Signifikansi sebesar 0,000 0,05, artinya terdapat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu metode resitasi terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa MTs. Sedangkan besar pengaruhnya yaitu 0,241 atau 24,1% Selain itu dapat dilihat dari uji hipotesis dengan menggunakan Uji independent sampel test diperoleh nilai sig(2-tailed) 0,000 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai sig(2-tailed) < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode resitasi terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa MTs.
Tidak tersedia versi lain