Program Praktik Lapangan
LAPORAN AKHIR PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP II) SMA NEGERI 2 RANGKASBITUNG
Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP II) FKIP Universitas La Tansa Mahiro yang dilaksanakan pada semester ganjil Tahun 2024 memberikan kesempatan kepada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas La Tansa Mashiro untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SMAN 2 Rangkasbitung merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak FKIP Universitas La Tansa Mashiro untuk menjadi lokasi PLP II pada tahun 2024. Tujuan dari program PLP II adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah.
Program PLP ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 12 (dua belas) kali yang dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus 2024 sampai dengan 13 November 2024. Praktik mengajar ujian praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Mata pelajaran yang diajarkan ketika ujian meliputi mata pelajaran matematika, bahasa inggris dan biologi kelas X, XI dan XII.
Pelaksanaan program PLP II di SMAN 2 Rangkasbitung berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi seperti, kendala dalam membuat perangkat pembelajaran, kendala dalam penguasaan kelas, dan kendala dalam mengatasi peserta didik yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Namun dengan kerja sama yang solid antara mahasiswa PLP, guru pamong, dan DPL sehingga dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dukungan dan bimbingan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PLP II di sekolah.
Tidak tersedia versi lain