Program Praktik Lapangan
LAPORAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) I PONDOK PESANTREN KUN KARIMA PANDEGLANG
Laporan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)1 ini merupakan tahapan pertama dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan, yang dilaksana kan pada semester ke empat. Kegiatan PLP ini bertujuan bertujuan membangun landasan jati diri pendidik atau tenaga kependidikan serta memperoleh pemahaman dan/atau keterampilan mengenai pemanfaatan sarana prasarana, manajemen lembaga. praktik kepemimpinan efektif, dan kultur lembaga yang menunjang terlaksananya proses pembelajaran di lembaga pendidikan formal.
Kegiatan Kegiatan PLP dilakasanakan oleh mahasiswa mahasiswi kependidikan di La Tansa Mashiro yang dilaksanakan langsung pada lingkungan sekolah. Kegiatan berlangsung dari tanggal 22 juli sampai 08 Agustus di pondok pesantren kun karima jin stasiun kadomas (pandeglang), Majasari, Banten. Mahasiswa PLP berkesempatan untuk dapat mengamati langsung kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola disekolah. peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial-formal di sekolah (misalnya: upacarabendera, rapat,briefing) kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuluer, serta dapat mengamati praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Adanya kegiatan PLP ini mahasiswa Mendapatkan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman di bidang manajemen dan kultur sekolah/madrasah, Mendapatkan pengalaman melalui pengamatan terhadap proses membangun kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial di sekolah/madrasah, Mendapatkan pengalaman dan penghayatan melalui pengamatan terhadap proses pembelajaran di kelas, Memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di sekolah/madrasah.
Memperoleh daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah/madrasah, Memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah/madrasah, dan Memberi kesempatan untuk dapat berperan sebagai motivator, fasilitator, dinamisator, dan membantu pemikiran sebagai problem solver.
Tidak tersedia versi lain