Skripsi
ANALISIS MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI SISTEM INDRA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan minat belajar siswa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining pada matern sistem indra. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftip dengan melibatkan siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu observasi melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang diambil yaitu kelas XI SMA IT La Tahzan dengan jumlah 23 siswa. Hasıl penelitian menunjukan bahwa siswa yang memiliki kategori motivasi sangat rendah dan rendah sebanyak 7 responden, kategori sangat tinggi dan tinggi sebanyak 6 responden sedangkan untuk kategori sedang sebanyak 10 responden. Kategori minat belajar kategori sangat rendah dan rendah sebanyak 8 responden, kategori sangat tinggi dan tinggi sebanyak 9 responden, sedangkan untuk kategori sedang sebanyak 6 responden. Hasil respon siswa secara keseluruhan model pembelajaran student facilitator and explaining menggambarkan keikut sertaan siswa dalam pembelajaran. Namun, terdapat pula beberapa kesulitan atau hambatan yang dihadapi siswa ketika dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining. Implikasi hasil temuan ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan strategi dalam penggunaan model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa terhadap materi sistem indra yang kompleks.
No other version available