Skripsi
PENGGUNAAN ANIME HATARAKU SAIBOU TERHADAP MINAT DAN RESPON PADA MATERI SISTEM IMUN KELAS XI DI PONPES DAAR EL-QOLAM
Permasalahan yang ada pada dunia pendidikan tak jauh dari minimnya penggunaan bahan ajar khususnya pada pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi sangatlah mudah apabila disampaikan dengan suatu hal yang menarik. sehingga siswa dapat menyerap informasi dengan sangat baik untuk dapat dipahami. Tujuan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon dan minat belajar siswa terdapat materi biologi yang abstrak, sehingga membutuhkan penyampaian dengan alat bantu berupa bahan ajar. Peneliti menggunakan materi sistem imun, hal ini dikarenakan berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap pengajar biologi di pondok pesantren DAAR EL-QOLAM yang menyatakan bahwa materi sistem imun merupakan salah satu materi yang asbtrak dan sulit untuk dipahami siswa. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan pengisian angket dan test wawancara secara langsung. Metode yang digunakan saat berlangsungnya penelitian yaitu kualitatif dengan menggunakan teknik non-probability yaitu purposip sample. Teknik ini menggunakan sebagian dari keseluruhan populasi yang menjadi perwakilan dalam pengisian angket dan pengambilan sampel untuk wawancara. Hasil yang didapati yaitu 3 siswa yang masuk dalam kategori rendah, 13 siswa yang masuk dalam kategori sedang dan 14 siswa yang masuk dalam kategori tinggi, hal ini berdasarkan hasil pengisian angket siswa yang mencangkup minat belajar siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis anime dan respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar animasi hataraku saibou. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar anime ini dapat meningkatkan minat serta respon siswa kelas XI pada pembelajaran biologi khususnya materi sistem imun.
Tidak tersedia versi lain