Skripsi
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENGUATAN PROFIL PANCASILA BERPIKIR KREATIF SISWA SMAN 1 CIPANAS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap Penguatan Profil Pancasila Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMAN 1 Cipanas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi Esperimen. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah soal test, angket responsiswa dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 76 siswa. Soal tes yang disebarkan sebanyak 7 pertanyaan, angket respon siswa yang digunakan adalah 20 pernyataan, dan lembar observasi yang digunakan adalah 13 pernyataan. Hasil analisis data uji Independent Sample T-test nilai Post-test diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, maka sebagaimana pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample T-test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan terdapat perbedaan nilai Gain kelas eksperimen dengan nilai Gain kelas kontrol, nilai Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai Gain kelas kontrol, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Tidak tersedia versi lain