Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMA PADA MATERI GENEΤΙΚΑ
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Time Token terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi genetika di kelas XII setelah diberikan perlakuan dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Time Token, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran Time Token yang digunakan dalam pembelajaran Biologi pada materi genetika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten, waktu penelitian di mulai pada bulan Mei- november 2023. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XII IPA I sejumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 3 sejumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes keterampilan komunikasi abad 21 dan instrumen nontes berupa angket respon peserta didik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whiteney yang dilakukan terhadap data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.021 taraf signifikansi 5% (α =0,05), dengan kesimpulan Hi diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Time Token terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket respon peserta didik kelas eksperimen mendapat kategori efektif dengan presentase sebesar 72%.
Tidak tersedia versi lain