Skripsi
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi sistem peredaran darah manusia Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian yang dikembangkan oleh Hanafin dan Peck yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan atau implementasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket. Pengembangan modul pembelajaran berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi sistem peredaran darah manusia layak untuk digunakan. Hasıl penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan modul pembelajaran berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi sistem peredaran darah dari ahli materi sebesar 97,5% dengan kategori sangat layak dan penilaian ahli media sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis data respon siswa didapatkan hasil kelayakan modul pembelajaran berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi sistem peredaran darah manusia sebesar 79,2% dengan kategori sangat baik dan respon guru sebesar 98,6% dengan kategori sangat baik.
Tidak tersedia versi lain