KKU Manajemen
LAPORAN KKU-KAM STRATEGI PEMASARAN PADA KELOMPOK USAHA MANDIRI CHURROS RANGKASBITUNG
Kuliah kerja usaha karya alternatif mahasiswa (KKU-KAM) merupakan salah satu tugas akhir perkulihan dalam rangka memenuhi syarat menempuh gelar sarjana ekonomi. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mengharuskan mahasiswa menuangkan ide serta kretifitasnya di bidang wirausaha, selain itu kegiatan ini juga melatih mental serta tanggung jawab dalam mengelola usaha, kegiatan ini di laksanakan oleh kelompok yang beranggotakan 5 (lima) orang mahasiswa smester 7 (Tujuh).
Analisis manajemen pemasaran adalah kegiatan yang bertujuan memperhatikan arah dan perkembangan usaha mandiri, peranan manajemen pemasaran dalam suatu usaha sangatlah besar selain merencanakan sistem pemasaran yang akan digunakan, manajemen pemasaran juga berperan aktif dalam mengarahkan serta mengendalikan kegiatan pemasaran agar terciptanya pemasaran yang efektif dan efisien yang nantinya akan berdampak pada laba yang di dapat.
Hasil kegiatan KKU-KAM yang telah penulis laksanakan diantaranya adalah sebagai berikut: (1) melakukan kegiatan promosi dalam rangka mengenalkan produk kepada masyarakat yang belum tau produk tersebut, (2) menarik minat konsumen agar meningkatkan penjualan, (3) bertanggung jawab atas pemasaran usaha mandiri karena penulis sebagai manajer pemasaran.
Setelah penulis mengetahi permasalahan yang ada pada usaha tersebut, maka alternatif yang digunakan dalam rangka mencoba menyelesaikan masalah tersebut diantaranya: penulis melakukan promosi di media sosial seperti whatapps, intagram dan media offline yaitu blackboar dan spanduk didepan gerobak agar menarik perhatian konsumen maka omset yang kami dapatkan dari hasil penjualan tersebut mencapai angka Rp 4.100.000. penulis juga mencoba memakai analisis 4P dan SWOT dalam memecahkan masalah yang ada pada usahanya. Maka dengan melakukan rangkaian analisis tersebut usaha kami mendapatkan keuntungan yang di rasa cukup untuk penulis.
Tidak tersedia versi lain