Skripsi
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI AKUNTANSI TERHADAP РЕМАНАMAN LAPORAN KEUANGAN APARATUR DESA (STUDI PADA KECAMATAN MAJA KABUPATEN LEBAK)
Tingkat pendidikan merupakan tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkatan perkembangan penguasaan teori, tujuan yang akan dicapai dan kemampuan yang dikembangkan. Kompetensi akuntansi merupakan kemampuan seseorang dalam bidang akuntansi Kompetensi menunjukkan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh aparatur desa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan kompetensi akuntansi terhadap pemahaman laporan keuangan aparatur desa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah 126 aparatur desa dari 14 desa yang ada di Kecamatan Maja. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 35 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Prasyarat Data, Uji Normalitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi, Uji Parsial (uji t), dan Uji Pengaruh Simultan (uji F) dengan menggunakan alat uji SPSS versi 27.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman laporan keuangan aparatur desa. Kompetensi akuntansi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pemahaman laporan keuangan aparatur desa Serta tingkat pendidikan dan kompetensi akuntansi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman laporan keuangan aparatur desa.
Tidak tersedia versi lain