KKU Manajemen
LAPORAN KKU-KAM PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR PADA USAHA "BUDI DAYA LELE PAK MULYADI" DI RANGKAS BITUNG GIRANG
permintaan masyarakat akan kebutuhan terhadap daging lele konsumsi dan permintan terhadap benih benih lele dengan kualitas yang baik, akan tetapi itu menjadi tantangan tersendiri bagi pembudidaya lele khususnya di daerah lebak ini. Untuk menjaga kelagsungan usaha sendiri pun banyak tantangan yang dihadapi seperti tingginya biaya produksi berupa pakan seperti cacing sutra dan pakan pellet pabrikan sehingga banyak dari para pembudidaya yang menyerah dalam usahanya sehingga berkurangnya sumber produksi lele sedangkan tingkat kebutuhan pasar semakin tinggi dan menyebabkan para pembudidaya lele merasa kewalahan untuk menangani masalah tersebut pa
Dengan diadakanya pendampingan mitra usaha ini penulis ingin menjadikan masalah tersebut sebagai sebuah peluang usaha bagi usaha budidaya lele ini maka penulis melakukan strategi pemasaran yang menganut pada pengertian marketing mix dan meningkatkan tingkat produksi supaya tercapai tujuan yaitu memenuhi kebutuhan pasar meningkatkan potensi perolehan laba lebih besar.
Dengan analisis manajemen yang digunakan diasilkanlah solusi sebagai jalan untuk memecahkan berbagai macam masalah pemasaran yang ada pada mitra pendampingan usaha budidaya lele pak mulyadi dengan bekerja sama dengan beberapa pengusaha budidaya lele lain untuk saling menutupi kekurangan ketersediaan produk untuk memenuhi kebutuhan pasar dan menjadikan masalah yang ada sebagai peluang meraih laba yang lebih besar dari biasanya.
Dalam kegiatan pendampingan usaha ini ditemukan bahwa dengan melakukan tindakan pengoptimalan tingkat produksi mampu menangani masalah permintaan pasar berlebih dan strategi pemasaran menggunakan social media instagram mampu memperluas segmen pasar.
Tidak tersedia versi lain