KKU Manajemen
LAPORAN KKU-KAM STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MANDIRI SOSEJI YAKISOBA (ROSISMI) DI PUJASERA BALONG RANCA LENTAH RANGKASBITUNG
Kuliah kerja usaha karya alternatif mahasiswa (KKU-KAM) merupakan kegiatan praktek alternatif yang di desain sebagai upaya untuk mengembangkan pilihan minat-minat tertentu dalam ruang lingkup disiplin ekonomi serta memberikan pengalaman-pengalaman praktis untuk mengembangkan kualitas tambahan pada mahasiswa sebagai jalan pintas mengeluarkan ide-ide kreatifnya. Usaha ini didirikan di Pujasera Balong Ranca Lentah Rangkasbitung objek kajian adalah KKU-KAM, kewirausahaan, SDM, pemasaran, keuangan, produksi menjadi suatu laporan.
Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui bagaimana mengatur strategi pemasaran apa yang paling tepat dan menguntungkan usaha mandiri Soseji Yakisoba (Rosismie), mengukur sejauh mana dalam melakukan pemasaran dari kegiatan usaha mandiri Soseji Yakisoba (Rosismie) membangun kerjasama antara tim yang di bentuk dengan usaha bersama sehingga mampu mengimplementasikan dan menerapkan ilmu manajemen terutama manajemen pemasaran.
Metode strategi pemasaran menggunakan marketing mix (bauran pemasaran) strategi ini yang tepat untuk usaha ini dengan empat variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan distribusi yang di gabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang di inginkan dalam pasar sasaran. Dan untuk mengetahui layak atau tidaknya usaha ini penulis menggunakan analisis SWOT. Hasil dari analisis yang digunakan adalah sebagai berikut Strenght (Kekuatan) Makanan dengan inovasi baru dan blom ada di rangkasbitung, Weaknees (Kelemahaan) produk belum dikenal banyak orang, Opportunity (Peluang)Bisa dinikmati semua kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa, dan Threat (Ancaman) Adanya pesaing yang menjual produk yang sama.
Berdasarkan hasil dari kegiatan KKU-KAM ini, memperoleh hasil penjualan dengan omset sebesar Rp Rp. 3.600.000.- dan mendapatkan laba bersih sebesar Rp. 1.200.000.-
Tidak tersedia versi lain