Skripsi
PENGARUH LIKUDITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMER PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2018-2022
Nilai Perusahaan sering dikaitkan dengan harga saham yang pengukurannys dapat dilakukan dengan melihat perkembangan harga saham di bursa, jika harga saham suatu perusahaan meningkat maka nilai perusahaan pun meningkat. Nilai Perusahaan dijadikan fokus utama dalam pengambilan keputusan olch investor untuk berinvestasi pada suatu perusahaan atau tidak. Untuk dapat menarik investor, perusahaan mengaharapkan manajer keuangan akan melakukan tindakan terbaik bagi perusahaan dengan memaksimalkan nilai perusahaan sehingga kemakmuran pemegang saham dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan yang diproksikan menggunakan Price to Book Value (PBV) pada perusahaan sektor barang konsumer primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu dan diperoleh 30 perusahaan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu IBM SPSS Statistic 25.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan ujit terdapat pengaruh signifikan negatif variabel Likuiditas (Current Ratio) dan Ukuran Perusahaan (Size) terhadap nilai perusahaan. Sedangkan untuk variabel Profitabilitas (Return On Asset) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Lalu uji F memperoleh hasil bahwa secara simultan variabel Likuiditas (Current Ratio), Ukuran Perusahan (Size) dan Profitabilitas (Return On Asset) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan.
Tidak tersedia versi lain