KKU Akuntansi
LAPORAN KKU-KAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PENUH DALAM PENENTUAN HARGA JUAL Pada UMKM SUMBER SARI BAKERY
Harga jual harus dapat menutup semua biaya yang dikeluarkan dan menghasilkan laba yang diinginkan Faktor biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual, karena biaya menggambarkan batas minimum yang harus dipenuhi perusahaan agar tidak mengalami kerugian. Penulis memberikan saran jika pemilik UMKM Sumber Sari Bakery ini menginginkan mark up sebesar 10%, namun saat ini yang dicapai hanya sekitar 5,2%. Dengan mark up sekian, harga Jual yang diterapkan yaitu sebesar Rp 2.000. Jika pemilik menginginkan mark up sebesar 10% maka harga jual yang scharusnya ditetapkan yaitu sebesar Rp. 2.300 sesuai dengan perhitungan metode cost plus pricing melalui pendekatan full costing yang telah dihitung penulis Hasil pendampingan ini menggambarkan bahwa harga pokok produksi dan harga jual yang telah ditetapkan pemilik UMKM Sumber Sari Bakery dengan perhitungan hasil olah data yang penulis telah lakukan terdapat perbedaan yaitu dimana harga jual yang berlaku saat ini jauh lebih rendah jika diperbandingkan dengan harga jual berdasarkan metode cost plus pricing dengan pendekatan metode full costing. Hal tersebut terjadi dikarenakan pemilik tidak berani untuk menambah mark up yang sesuai dengan keinginannya karena pemilik takut jika harganya tinggi maka pelanggannya akan enggan berkunjung di UMKM Sumber Sari Bakery. Jadi untuk memberikan laba yang sesuai dengan keinginan, pemilik harus menetapkan harga jual pada makanannya sebesar Rp 2.300. Dimana harga tersebut tidak terlalu rendah dan tinggi. Penentuan harga jual suatu produk atau jasa merupakan salah satu keputusan penting manajemen karena harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya dan dalam rangka mendapatkan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Faktor biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual, karena biaya menggambarkan batas minimum yang harus dipenuhi perusahaan agar tidak mengalami kerugian. Cost plus pricing adalah penentuan harga jual dengan menambahkan laba yang diharapkan diatas biaya penuh masa yang akan datang untuk memproduksi dan memasarkan produk.
Tidak tersedia versi lain