KKU Manajemen
LAPORAN KKU-KAM STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MANDIRI ES BUCIN DI JLN. HARDIWINANGUN DEPAN MAKAM PAHLAWAN KEC. RANGKASBITUNG KAB. LEBAK BANTEN
Perkembangan bisnis yang saat ini sedang meningkat salah satunya yaitu pada industri dibidang kuliner seperti restoran atau cafe dengan disajıkan fasilitas yang memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung. Kegiatan pemasaran merupakan bagian dari strategi penjualan produk yang sangat dibutuhkan sebuah usaha, baik usaha kecil maupun usaha yang sudah berkembang besar. Sebelum mengetahui metode ataupun strategi pemasaran yang sering digunakan para pelaku bisnis, yang dimaksud pemasaran adalah kegiatan pendukung strategi pemasaran yang sengaja diadakan untuk mengingatkan para konsumen mengenai produk atau jasa dengan brand tertentu.
Dalam kegiatan KKU-KAN ini penulis melakukan kegiatan usaha dengan jenis produk Es Bucin (bangau cincau), dalam bentuk minuman bertujuan untuk dipromosikan kepada masyarakat agar masyarakat tahu lebih banyak aneka minuman, juga agar bisa memberikan kesempatan kepada kelompok kami agar dapat mampu menuangkan suatu gagasan, ide dalam membuat usaha ini menjadi sukses dan tidak rugi
Meskipun produk yang kami pasarkan tergolong baru, Es Bucin (bangau cincau) ini memiliki peluang baik kedepannya. Banyaknya kendala-kendala yang terjadi pada saat kegiatan KKU-KAM namun hasil kegiatan KKU-KAM yang dilakukan oleh penulis, yaitu keberhasilan dalam penjualan.
Dengan menerapkan digital marketing seperti facebook,, WA, Instagram dll. Serta tidak luput pula memasang stand benner di depan lokasi usaha sebagai bentuk papan informasi mengenai Es Bucin. Selama 23 hari melakukan kegiatan dapat menghasilkan 572 Pouch Es Bucin.
Tidak tersedia versi lain