Repositry ETD

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Ayu Khotijawulansa - Nama Orang; Qiswatun Mukhoyyaroh (Pembimbing 1) - Nama Orang; Latif Sofiana Nugraheni (Pembimbing 2) - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi, khususnya pada materi pencemaran lingkungan yang dianggap abstrak dan sulit dipahami. Model pembelajaran yang masih berpusat pada guru cenderung membuat siswa pasif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan Mind Mapping terhadap kem berpikir kreatif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Maja dengan metode kemampuan kuasi eksperimen menggunakan desain Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa kelas XI yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan model Problem Solving berbantuan Mind Mapping dan kelas kontrol dengan metode Cornell. Instrumen penelitian meliputi tes berpikir kreatif (Pretest dan Posttest), observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil Pretest dan Posttest. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model Problem Solving berbantuan Mind Mapping terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa. Selain itu, hasil respon siswa terhadap penerapan model ini menunjukkan kategori sangat baik, dengan sebagian besar siswa merasa lebih aktif, termotivasi, dan terbantu dalam memahami materi melalui mind mapping. Dengan demikian, penerapan model ini efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi sekaligus memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro S-BIO 20431012 AYU 2025
S-BIO20431012
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S-BIO 20431012 AYU 2025
Penerbit
Rangkasbitung : Universitas La Tansa Mashiro., 2025
Deskripsi Fisik
xv, 69 hal.:ilus,; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
20431012
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi Biologi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ayu Khotijawulansa
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Repositry ETD
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?