Skripsi
PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi, khususnya pada materi pencemaran lingkungan yang dianggap abstrak dan sulit dipahami. Model pembelajaran yang masih berpusat pada guru cenderung membuat siswa pasif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan Mind Mapping terhadap kem berpikir kreatif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Maja dengan metode kemampuan kuasi eksperimen menggunakan desain Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa kelas XI yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan model Problem Solving berbantuan Mind Mapping dan kelas kontrol dengan metode Cornell. Instrumen penelitian meliputi tes berpikir kreatif (Pretest dan Posttest), observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil Pretest dan Posttest. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model Problem Solving berbantuan Mind Mapping terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa. Selain itu, hasil respon siswa terhadap penerapan model ini menunjukkan kategori sangat baik, dengan sebagian besar siswa merasa lebih aktif, termotivasi, dan terbantu dalam memahami materi melalui mind mapping. Dengan demikian, penerapan model ini efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi sekaligus memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa.
Tidak tersedia versi lain