Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY (VR) BERBANTUAN COSPACES EDU PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Pembelajaran biologi pada konsep sistem pencernaan manusia bersifat kompleks dan abstrak sehingga memerlukan media inovatif untuk memudahkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Virtual Reality (VR) berbantuan CoSpaces Edu pada materi sistem pencernaan manusia, serta mengetahui tingkat kelayakan dan respon pengguna (guru dan siswa). Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D yang meliputi tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dessimination (Penyebaran). Hasil uji kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa melalui instrumen angket dengan rata-rata hasil 91,2% dengan kategori sangat layak. Hasil angket menunjukkan bahwa produk memperoleh respon positif dari guru dan siswa. Guru menghasilkan rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Siswa menghasilkan rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran VR berbantuan CoSpaces Edu dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan pada materi sistem pencernaan manusia dalam pembelajaran biologi.
Tidak tersedia versi lain