Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY (VR) BERBANTUAN MILLEALEB PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
Pembelajaran biologi pada materi sistem peredaran darah manusia sering menghadapi kendala karena sifat materinya yang abstrak dan sulit dipahami siswa apabila hanya menggunakan media konvensional. Hal ini mengakibatkan rendahnya minat serta pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) berbantuan Millealeb pada materi sistem peredaran darah manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak, dengan skor rata-rata 88,75%. Uji coba lapangan menunjukkan respon siswa sebesar 97,5% (skala kecil) dan 96% (skala besar), serta respon guru sebesar 95% (sangat layak).Instrumen penelitian berupa angket validasi ahli materi, ahli media, serta uji coba respon peserta didik. Uji coba terbatas dan juga uji coba lapangan memperlihatkan respon positif dari peserta didik, yang menilai media menarik, mudah dipahami, dan mampu meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, media pembelajaran Virtual Reality (VR) berbantuan Millealeb dapat digunakan sebagai alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi khususnya pada materi sistem peredaran darah manusia.
Tidak tersedia versi lain