Skripsi
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLYCALS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2020-2024
Reputasi perusahaan adalah gambaran atau penilaian keseluruhan kondisi perusahaan sebagaimana dipersepsikan oleh pihak eksternal. Reputasi perusahaan sangat penting untuk meningkatkan citra positif di mata pemangku kepentingan sekaligus intangible asset yang sangat bagi perusahaan yang dapat memengaruhi kepercayaan dan loyalitas stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan ukuran perusahaan terhadap reputasi perusahaan pada perusahaan sektor Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar di BEI periode 2020-2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar di BEI periode 2020-2024 dengam sampel akhir yaitu sebanyak 82 data observasi. Sumber data diperoleh melalui laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsu klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji parsial, dan uji simultan dengan bantuan software SPSS 27.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh secara negatif signifikan terhadap reputasi perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara positif signifikan terhadap reputasi perusahaan. Secara simultan, Corporate Social Responsibility (CSR) dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap reputasi perusahaan
Tidak tersedia versi lain