Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI DI PONDOK PESANTREN DAAR EL JAUHAR
Konsep sistem pernapasan manusia bersifat rumit, abstrak dan sering dianggap membosankan karena guru menggunakan media pembelajaran konvensional. Selain itu sebagian besar nilai peserta didik dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis canva yang valid dan praktis. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop. Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi dan angket respon guru serta peserta didik, menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah media pembelajaran interaktif berbasis canva bersifat valid dengan presentase rata-rata 90% sedangkan respon guru dan peserta didik dikategorikan sangat baik atau sangat praktis dengan presentase 87%. Media pembelajaran interaktif berbasis canva pada materi sistem pernapasan kelas XI di Pondok Pesantren Daar El Jauhar valid dan praktis sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Biologi.
Tidak tersedia versi lain