Skripsi
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SEL DI SMA LATANSA 1
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kurangnya keterampilan komunikasi siswa dan didasarkan pada perbedaan gaya belajar siswa yang beragam, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu mengakomodası kebutuhan siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sel. Pembelajaran berdiferensiasi diterapkan dengan menyesuaikan konten, proses dan produk pembelajaran berdasarkan gaya belajar visual, audiotori dan kinestetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Qwasy Eksperimen dengan desain pretest dan posttest control group desain Sampel penelitian menggunakan Random Sampling yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berdiferensiası dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran Discovery Learning. Instrumen terdiri dari angket gaya belajar, lembar observasi keterampilan komunikasi, serta pretest dan posttest keterampilan komunikasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitras, uji homogenitas, uji paired sampel t test, uji One Way ANOVA dan perhitungan N-Gain Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensasi terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sel, hasil dari uji ANOVA yaitu diperoleh nilai F 7,07 dengan signifikan (p) 0,011
Tidak tersedia versi lain