Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK ENGGAL SEHAT CIDAHU SERANG
Kepuasan pasien penting bagi perusahaan untuk dapat menambah kepuasan dan untuk mencapai tujuan perusahaan. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan fasilitas. Penelitian ini berjuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien Klinik Enggal Sehat Cidahu Serang, responden dalam penelitian ini adalah 100 pasien Klinik Enggal Sehat Cidahu Serang.
Penelitian ini yaitu penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pasien Klinik Enggal Sehat di Cidahu Serang yang jumlahnya 23.056. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dengan menyebarkan angket/kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian uji asumsi klasik, uji hipotesis menggunakan uji parsial (t) dan uji simultan (F), dan uji koefisien determinasi. Alat analisis yang digunakan adalah IBM SPSS 20.
Hasil uji-uji tersebut diketahui Nilai thitung variabel Kualitas pelayanan diperoleh sebesar thitung 3,703 ttabel 1,660, dan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 Hal tersebut menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan pasien. Nilai thitung variabel bimbingan teknis keuangan diperoleh sebesar 8,331 lebih besar dari ttabel 1,660 dan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05, Hal ini berarti bahwa Fasilitas secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan pasien. hasil Fhinang dan Fabel tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Fabel (249,003>3,27) dengan demikian Hs diterima artinya ada pengaruh secara simultan antara variabel Kualitas pelayanan, Fasilitas dan Kepuasan pasien.
Tidak tersedia versi lain