Skripsi
PENGARUH PELATIHAN DAN KOMPETENSI PENGELOLA WISATA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA OBJEK WISATA PANTAI TANJUNG LAYAR SAWARNA KABUPATEN LEBAK BANTEN
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan dan kompetensi pengelola wisata terhadap kualitas pelayanan pada objek wisata pantai Tanjung Layar Sawarna kabupaten Lebak Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskrptif Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan secara random, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 36 pengelola pada objek wisata pantai Tanjung Layar Sawarna. Dan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan penyebaran kuesioner yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini.
Pengujian terhadap penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji instrument data, uji asumsi klasik, kemudian dianalisis dengan uji korelasi dan uji regresi linier berganda menggunakan program IBM SPSS (Statistic Program For Social Science) v.20.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh secara parsial antara Pelatihan Terhadap Kualitas Pelayanan, hasil uji t pada Pelatihan memperoleh nilai signifikan 0,002 t tabel 2,035 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh X1 terhadap Y dan signifikan terhadap Y. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh secara parsial antara Kompettensi Terhadap Kualitas Pelayanan, hasil uji t pada Kompetensi memperoleh 0,041 0,05 dan nilai thitung 2,128 > 0,041 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya X2 terdapat pengaruh dan signifikan terhadap Y. Hasil uji F menunjukan sebesar 0,002 Ftabel 3,276 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simutan terhadap Y.
Tidak tersedia versi lain