Skripsi
PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMAN 1 WARUNGGUNUNG
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa SMAN I Warunggunug. Permasalahan yang terjadi ialah tenaga pendidik pada sekolah SMAN I Warunggunung belum pernah menggunakan teknologi Augmented Reality dalam kegiatan belajar mengajar dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi atau IPA Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui adakah pengaruh modul pembelajaran berbantuan Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Warunggunung Metode ini menggunakan metode eksperimen dengan desam penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperiment, penelitian ini dilaksankan di SMAN I Warunggunung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Tes (pretes dan postes). Adapun teknik analisis data yaitu dengan uji prasyarat Normalitas, Homogenitas, dan uji Independent Sample T-Test Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan modul berbantuan Augmented Reality terhadap hasil Pre-test dan Post-test siswa kelas XI SMAN I Warunggunung Hal ini dapat kita ketahui dari hasil penelitian menunjukan rata-rata postes kelas kelas eskperimen (88,27) lebih tinggi dari kelas kontrol (61,07). Skor N-Gain kelas eksperiment (0,1019) juga lebih tinggi dari kelas kontrol (0,7748), yang menunjukan adanya peningkatan pemahaman lebih baik pada kelas eksperimen. Modul pembelajaran berbantuan Augmented Reality (AR) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia
Tidak tersedia versi lain