Skripsi
PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK BERBANTUAN MNEMONIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA
Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar siswa SMA masih rendah dikarenakan metode pembelajaran yang pasif dan materi pembelajar biologi yang memiliki banyak istilah-istilah ilmiah sehingga menyulitkan siswa dalam memahami materi biologi, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan engklok berbantuan mnemonik materi sistem peredaran darah terhadap hasil belajar siswa SMA. serta mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa sebelum menggunakan penerapan permainan engklek dan siswa setelah penerapan permainan engklek. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kun Karima, Pandeglang, Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan model pembelajaran One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 26 siswa di kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini dilihat dari perbandingan hasil belajar siswa sebelum penerapan mendapatkan hasil yang signifikan dimana terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu hasil ujit t menunjukkan signifikansi sebesar 11,2 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan H, diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang melakukan penerapan permainan engklek berbantuan menmonik dan siswa yang tidak menggunakan penerapan permainan engklek berbantuan mnomonik
Tidak tersedia versi lain