Skripsi
PENERAPAN METODE MNEMONIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA L A TANSA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. SKRIPSI JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LA TANSA MASHIRO RANGKASBITUNG, 2024.
Melihat dari hasil observasi di SMA La Tansa terlihat bahwa siswa masih kurang aktif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran khususnya pada materi biologi.
Penggunaan Metode pembelajaran satu arah yaitu teacher-centered dapat membatasi siswa dalam berkreativitas, Terbatas nya akses internet untuk menambah informası. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode mnemonik pada materi sistem rangka manusia, bagaimana penerapan metode mnemonik terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa serta untuk mengetahuai bagaimana respon guru dan siswa setelah penerapan metode mnemonik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena sebagimana adanya.
Pengambilan data menggukan lembar observasi, dokumentasi dan wawancara.Hasil dari penelitian ini yaitu aktivitas guru dan siswa terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP yang sudah dibuat, mayoritas hasil penilaian karya dan individu siswa mayoritas telah memenuhi kriteria penilaian berpikir kreatif.
Penerapan metode mnemonik pun mendapat respon positif dan efektif membantu mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Tidak tersedia versi lain