Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran dan bahan ajar yang masih kurang interaktif Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollanda yang terdiri dari lima fase, yaitu fase analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implemetation), serta evaluasi (evaluation). Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Cipanas sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi sistem pencernaan manusia dari ahli materi sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak, hasil penilaian ahli media sebesar 85% dengan kategori layak dan hasil penilaian ahli bahasa sebesar 85% dengan kategori layak. Hasil analisis data uji coba respon siswa didapatkan sebesar 83,9% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi sistem pencernaan manusia sangat layak dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh siswa kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Cipanas.
Tidak tersedia versi lain