Repositry ETD

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEL MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER BERALASAN TERBUKA di SMA LA TANSA 1
Penanda Bagikan

Skripsi

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEL MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER BERALASAN TERBUKA di SMA LA TANSA 1

Safira Zulfa - Nama Orang; Qiswatun Mukhoyyaroh (Pembimbing 2) - Nama Orang; Jajang Miharja (Pembimbing 1) - Nama Orang;

Biologi sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) berisikan banyak konsep yang harus dikuasai oleh siswa. Materi pembelajaran biologi yang sering mengalami miskonsepsi diantaranya materi sel. Materi sel merupakan salah satu materi biologi yang mengandung banyak konsep dan objek yang bersifat abstrak, hal ini menyebabkan peserta didik sulit memahami konsep. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa tidak terlepas karena adanya penyebab atau sumber dari ketidaksesuaian konsep. Penyebab miskonsepsi disebabkan oleh beberapa sumber, yaitu dari diri siswa, guru, buku teks yang digunakan dan cara mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi sel menggunakan tes diagnostik three-tier beralasan terbuka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi benar terjadi dengan persentase kategori miskonsepsi sebesar 65,4%; kategori paham sebesar 20,3%; dan kategori tidak paham konsep sebesar 14,3%. Sub konsep yang mengalami kategori miskonsepsi tertinggi adalah sub konsep komponen kimiawi penyusun sel dengan persentase 84% dan sub konsep yang mengalami miskonsepsi terendah adalah sub konsep organel sel hewan dan tumbuhan dengan persentase 39,1%. Faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi adalah motivasi belajar kurang, materi abstrak dan sarana prasarana pelajaran kurang memadai.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro S-BIO 19431013 SAFIRA 2024
S-BIO19431013
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S-BIO 19431013 SAFIRA 2024
Penerbit
Rangkasbitung : Universitas La Tansa Mashiro., 2024
Deskripsi Fisik
xiii, 86 hal.:ilus,; 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
19431013
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi Biologi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Safira Zulfa
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Repositry ETD
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?