Skripsi
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEL MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER BERALASAN TERBUKA di SMA LA TANSA 1
Biologi sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) berisikan banyak konsep yang harus dikuasai oleh siswa. Materi pembelajaran biologi yang sering mengalami miskonsepsi diantaranya materi sel. Materi sel merupakan salah satu materi biologi yang mengandung banyak konsep dan objek yang bersifat abstrak, hal ini menyebabkan peserta didik sulit memahami konsep. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa tidak terlepas karena adanya penyebab atau sumber dari ketidaksesuaian konsep. Penyebab miskonsepsi disebabkan oleh beberapa sumber, yaitu dari diri siswa, guru, buku teks yang digunakan dan cara mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi sel menggunakan tes diagnostik three-tier beralasan terbuka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi benar terjadi dengan persentase kategori miskonsepsi sebesar 65,4%; kategori paham sebesar 20,3%; dan kategori tidak paham konsep sebesar 14,3%. Sub konsep yang mengalami kategori miskonsepsi tertinggi adalah sub konsep komponen kimiawi penyusun sel dengan persentase 84% dan sub konsep yang mengalami miskonsepsi terendah adalah sub konsep organel sel hewan dan tumbuhan dengan persentase 39,1%. Faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi adalah motivasi belajar kurang, materi abstrak dan sarana prasarana pelajaran kurang memadai.
Tidak tersedia versi lain