Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MIZAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebagai salah satu kompetensi abad ke-21 yang harus dimiliki untuk memecahkan masalah kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran CORE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi jaringan hewan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas siswa kelas XI yang dipilih secara purposive sampling, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CORE dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kedua kelas, namun peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi (N-Gain rata-rata 0,61) dibandingkan dengan kelas kontrol (N-Gain rata-rata 0,40), meskipun keduanya berada dalam kategori peningkatan sedang. Hasil uji hipotesis melalui uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran CORE terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa (nilai signifikansi 0,000 < 0,05), serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (nilai signifikansi 0,000
Tidak tersedia versi lain