Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBANTUAN TIKTOK PADA MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA
Penelitian pengembanganini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi interaktif berbantuan Tik Tok pada materi sistem regulasi manusia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu peneleitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yang terdiri dari fase, fase analisis kebutuha, fase Desain, fase Develop, fase Implement dan fase evaluasi. Sampel yang diambil yaitu siswa kelas XI MIPA sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket. Pengembangan media pembelajaran animasi interaktif berbantuan Tik Tok pada materi sistem regulasi manusia layak digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan media pembelajaran berbantuan TikTok pada materi sistem regulasi manusia dari ahli media sebesar 76% dengan kategori layak dan penilaian ahli media sebesar 81% dengan kategori sangat layak dan penilaian ahli bahasa sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis data respon siswa didapatkan hasil kelayakan media pembelajaran animasi interaktif berbantuan Tik Tok pada materi sistem regulasi manusia sebesar dengan rata-rata 84,5% dengan kategori sangat baik dan respon guru sebesar 82% dengan kategori sangat baik.
Tidak tersedia versi lain