Skripsi
HUBUNGAN STRES AKADEMIK TERHADAP GANGGUAN MENSTRUASI PADA SANTRIWATI PONDOK PESANTREN MODERN DI KABUPATEN LEBAK
Stres akademik disebabkan oleh tuntutan aktivitas akademik respon psikis terhadap stres karna adanya perubahan pola siklus menstruasi yang tidak teratur, disebabkan karena ketidak seimbangan sistem hormonal yang memiliki peran penting pada sistem reproduksi wanita menjadi terganggu. santriwati tingkat akhir memasuki usia produktif yang sudah mengalami menstruasi memiliki resiko untuk mengalami stress akademik karena adanya tuntutan belajar yang tinggi serta tekanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan stress akademik dengan gangguan menstruasi pada santriwati yang berada di pondok pesantren modern di kabupaten lebak. Penelitian ini menggunakan metode korelasional menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang, santriwati mengisi instrumen penelitian menggunakan angket stress akademik dan gangguan menstruasi. Hasil dari penelitian ini berdasarkan jumlah 100 responden didapatkan bahwa sebanyak 28% mengalami gangguan menstruasi tinggi, 44% mengalami stress sedang dan 28% mengalami stress ringan. Adapun hasil penelitian menunjukan nilai korelasi stress akademik dengan gangguan stress akademik memiliki nilai signifikansi sebesar 0,060 lebih besar darı taraf signifikansi 0,05 dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif antara stress akademik dengan gangguan menstruasi, dimana semakin tinggi stress akademik maka semaikin tinggi ganguan menstruasi, santriwati yang mengalami gangguan menstruasi berat aktivitas belajar terganggu beresiko mengalami penurunan konsentrasi dan penurunn prestasi belajar.
Tidak tersedia versi lain