Skripsi
PENGARUH MODEL CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Pembelajaran klasifikasi makhluk hidup sering dianggap sulit dipahami siswa karena konsepnya yang abstrak. Model konvensional membuat siswa kesulitan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa di MA Al-Rahmah. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (CTL) dan kelas kontrol (Discovery Learning). melibatkan 56 siswa. Data diperoleh melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata post-test kelas eksperimen (83,71) lebih tinggi dari kelas kontrol (74,75), dengan selisih 8,96. Skor N-Gain kelas eksperimen (95. 71) juga lebih tinggi dari kelas kontrol (50,00), yang menunjukkan peningkatan pemahaman lebih baik pada kelas eksperimen. Model CTL efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk mengintegrasikan model CTL dalam pembelajaran klasifikasi makhluk hidup.
Tidak tersedia versi lain