Skripsi
PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA KEDAI PONDOK PESANTREN KUN KARIMA
Semakin berkembangnya zaman, perusahaan dituntut untuk lebih cermat dalam menjalani bisnis. Jika perusahaan ingin tetap eksis, maka perusahaan harus memperhatikan salah satu fungsi pokonya yaitu pemasaran. Dalam melaksanakan pemasaran yang baik, produsen harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga produk yang ditawarkan akan sesuai dengan permintaan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetauhi: (1) Pengaruh inovasi produk terhadap peningkatan volume penjualan (2) Pengaruh harga terhadap peningkatan volume penjualan (3) Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap peningkatan volume penjualan pada Kedai Pondok Pesantren Kun Karima Dilatarbelakangi pesatnya perkembangan dunia bisnis kuliner di Indonesia hingga ke dacrah sehingga membuat para pebisnis untuk selalu meningkatkan strategi dalam menjual produknya dengan cara selalu berinovasi dan menyesuaikan harga pada produknya agar dapat diterima para konsumen dan mampu bersaing dengan pesaing lain yang nantinya akan meningkatkan volume penjualan produknya.
Metode penelitian ini adalah Kuantitatif degan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk Kedai Pondok Pesantren Kun Karima. Teknik pengambilan sample dengan menggunakan Sampling Jenuh, dan terdapat 43 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi liniear berganda, uji hipotesis (ujit dan uji F) dan koefisien determinasi
Hasil penelitian dalam uji asumsi klasik yaitu uji normalitas diperoleh hasil nilai inovasi produk, harga dan volume penjualan berdistribusi normal. Uji heterokedastisitas diperoleh hasil model regresi ini tidak terjadi masalah heterokedastisitas. Uji multikolinearitas diperoleh dengan hasil tidak terjadi multikolinearitas. Uji autokorelasi diperoleh hasil tidak terjadi autokorelasi. Dan dalam uji hipotesis yaitu ujit dan uji F, Inovasi produk berpengaruh signifikan tehadap peningkatan volume penjualan sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara simultan inovasi produk dan harga dalam meningkatkan volume penjualan. Dan saran bagi kedai adalah agar memperhatikan harga yang ditetapkan agar mampu meningkatkan volume penjualan.
Tidak tersedia versi lain