Skripsi
Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021
Tingkat profitabilitas yang tinggi menggambarkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan, kemampuan keuntungan tersebut menunjukan perusahaan mempunyai kinerja yang baik dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pertumbuhan Perusahaan (Sales Growth) dan Leverage (Debt To Equity Ratio) terhadap Profitabilitas (Return On Asset) pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2022.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan jenis data sekunder, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 38 perusahaan dengan jumlah data sebanyak 190 data yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian uji F yaitu Pertumbuhan Perusahan (Sales Growth) dan Leverage (DAR) secara bersama sama berpengaruh secara simultan terhadap Profitabilitas (ROA). Dalam pengujian secara parsial (Uji t) menunjukan Pertumbuhan Perusahaan (Sales Growth) tidak memiliki pengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). sedangkan Leverage (DAR) berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). Koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 13,0% maka Return On Asset dapat dijelaskan oleh Sales Growth dan Debt To Equity Ratio Sedangkan sisanya 87% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain
Tidak tersedia versi lain