Art Original
ANALISIS HUBUNGAN DUTA WISATA DAN STRATEGI KABUPATEN LEBAK DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI MASA PANDEMI
Pariwisata menjadi mesin penggerak perekonomian yang terbukti mampu memberikan kontribusi terhadap kemakmuran daerah maupun negara keberhasilan pariwisata yang paling mudah untuk diamati adalah bertambahnya kedatangan wisatawan dari periode ke periode. Namun pandemi Covid 19 yang terjadi mengakibatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kabupaten lebak mengalami penurunan karena adanya peraturan pemerintah terkait pencegahan penyebaran pandemi virus Covid 19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Duta Wisata dan Strategi Promosi pada DISBUDPAR Kabupaten Lebak sebelum pandemi dan sesudah atau masa transisi pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, dengan teknik analisis data menurut Spradley. Hasil penelitian ini yaitu adanya perbedaan peran duta wisata dan strategi promosi pariwisata sebelum dan sesudah atau masa transisi pandemi. Dimana peran duta wisata tidak hanya sebagai alat promosi pariwisata melainkan ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan diluar kepariwisataan. Strategi promosi yang dilakukan sebelum pandemi berupa kegiatan event dan pameran serta memanfaatkan media sosial. Sesudah atau masa transısı pandemi strategi promosi yang dilakukan secara Hybrid dengan melakukan kegiatan berupa event, pameran serta promosi dengan media sosial.
Tidak tersedia versi lain