Skripsi
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER BANTEN BAKTI MOTOR CIPANAS.
Tujuan menggunakan konsep pemasaran adalah untuk memperbaiki hubungan
konsumen karena hubungan yang lebih baik sangat menguntungkan bagi perusahaan, dan dapat meningkatkan laba. Untuk dapat meningkatkan laba perusahaan harus dapat meningkatkan volume penjualan. Menurut Basu Swastha (2007:17), volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri. Untuk meningkatkan volume penjualan perusahaan harus mampu memasarkan produknya dengan baik.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah biaya promosi dan volume penjualan, sedangkan sampling datanya diambil oleh peneliti yaitu biaya promosi dan volume penjualan dari periode januari tahun 2014 sampai dengan desember 2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan data documentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisi regresi linear sederhana, koefisien determinasi, product moment dan Uji t
Y Persamaan garis regresi sederhana yang dihasilkan adalah Y 7.555+0,019x, hal ini dapat diartikan bahwa volume penjualan tanpa di dukung biaya promosi besarnya 7.555 dari setiap perubahan Biaya promosi menentukan tingkat volume penjualan. Setiap ada kenaikan 1% pada promosi berakibat naiknya volume penjualan sebesar 0,019. Dengan demikian semakin tinggi kegiatan biaya promosi maka semakin tinggi pula volume penjualan sepeda motor.
Berdasarkan hasil uji t untuk promosi, diperoleh bahwa thitung label Y = 7.555+0,019x dan tingkat signifikan taraf signifikan a (0,000 ≤ 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh antara biaya promosi terhadap volume penjualan. Hasil uji t statistik mendukung hipotesis dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap volume penjualan sepeda motor pada Dealer Banten Bakti Cipanas. Uji analisis diatas tidak dilakukan sesuai dengan yang tertera dalam teknik analisi data yang ada di bab 3, seperti uji analisis klasik dimana Uji Heteroskedastisitas dan UJi Autokorelasi yang digunakan apabila jumlah variabelnya lebih dari 2, sedangkan pada penelitian ini hanya menggunakan 2 variabel. Dealer Banten Bakti Cipanas hendaknya mengkombinasikan media-media promosi satu sama lain guna meningkatkan penjualan, Untuk tenaga pemasar sebaiknya diberikan pelatihan untuk memasarkan dengan baik sehingga nantinya memiliki skill dalam memasarkan produk Dealer Banten Bakti Cipanas.
Tidak tersedia versi lain