Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CV VANDYTA SUKSES MAKMUR RANGKASBITUNG
Bagi perusahaan ritel, loyalitas pelanggan merupakan modal yang sangat penting untuk kelangsungan usahanya. Banyak faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, diantaranya adalah kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Kedua faktor tersebut merupakan aspek penting bagi perusahaan agar tetap eksis menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada CV Vandyta Sukses Makmur Rangkasbitung
Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survey. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan pada CV Vandyta Sukses Makmur Rangkasbitung yang berjumlah 257 pelanggan. Sampel penelitian adalah 72 pelanggan yang diperoleh dengan teknik proportional random sampling Analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan ditunjukkan oleh nilai 1-hitung-2,381 yang lebih besar dari t-tabel 1,9944, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan ditunjukkan oleh nilai r-hitung 19,488 yang lebih besar dari t-tabel 1,9944; dan (3) terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan ditunjukkan oleh nilai F-hitung 352,06 yang lebih besar dari F-tabel = 2,74.
Penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan CV. Vandyta Sukses Makmur. Selanjutnya, disarankan agar perusahaan CV. Vandyta Sukses Makmur memperhatikan kualitas pelayanan dan kepuasan para pelanggan dikarenakan kedua hal tersebut merupakan faktir penting yang dapat meningkatkan loyalitas para pelanggannya. Juga hendaknya dilakukan penelitian selanjutnya dengan variabel selain kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dan metode penelitian yang berbeda.
Tidak tersedia versi lain