Skripsi
PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP REALISASI KREDIT PADA PERUSAHAAN DAERAH BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) WARUNGGUNUNG
Pelayanan yang baik meliputi banyak hal yakni mulai dari pelayanan di depan (front office) berupa pendaftaran, pencarian informasi, penyediaan fasilitas fisik, formulir, kemudahan proses pengurusan kredit, kecepatan pencairan dan kemudahan dalam pengembalian angsuran kredit. Sementara itu timbal balik atas kepuasan dari debitur atas kinerja pelayanan PD BPR, mereka akan patuh terhadap perjanjian yang telah ditandatangani dalam akad kredit serta upaya yang keras untuk
dapat mengembalikan/melunasi utangnya kepada PD. Bank Perkreditan Rakyat. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh pelayanan prima terhadap realisası kredit pada PD BPR Warungunung
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Teknik analisis dengan mengunakan korelasi dan regresi sederhana. Kemudian untuk melihat pengaruh pelayanan prima terhadap kelancaran realisasi kredit pada PD BPR Warungunung dihitung dengan koefisien determinasi, Signifikansi suatu rs yang dihasilkan hipotesis nol dapat diuji dengan pengujian satu arah (tingkat signifikansi -5%)
Persamaan regresinya adalah Y 37,812 + 0,099x, artinya jika Pelayanan Prima0 maka Realisasi Kredit sebesar 37,812 satuan / proses dan jika Pelayanan Prima bertambah sebesar 1 satuan / proses maka Realisasi Kredit bertambah 0,099 satuan/proses r hitung 0,512 dengan kriteria cukup tinggi, hubungan ini signifikan jika dibandingkan r hitung 0,512 > r tabel 0,279. Kuat pengaruh Pelayanan Prima terhadap Realisasi Kredit pada PD. BPR Warunggunung Kabupaten Lebak sebesar 26,21 %, dengan demikian terdapat adanya faktor lain yang berpengaruh terhadap kelancaran realisasi kredit selain Pelayanan Prima sebesar 73,79% (100 %-26,21%) yang tidak diteliti. t hitung 4,807 1,671 untuk taraf signifikansi 0,05 dengan demikian hipotesis yang ada dalam penelitian diterima.
Rekomendasi dari penelitian ini adalah pemberian motivasi dan pemberian kesempatan bagi seluruh pegawai untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan.
Tidak tersedia versi lain