Skripsi
PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA PT. YAMAHA PUTERA RANGKASBITUNG
Volume penjualan merupakan jumlah total yang dihasilkan dari Kegiatan
penjualan barang. Semakin besar jumlah penjualan yang dihasilkan perusahaan semakin besar kemungkinan laba yang akan dihasilkan perusahaan. Personal selling merupakan komunikasi dua arah yang dapat membantu pernualan dan perusahaan untuk mengerti dan memahami kebutuhan pelanggan. Personal selling memberikan tanggapan langsung dari konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Personal selling tidak akan efektif jika tenaga penjual tidak dapat melakukan beberapa aspek dengan komunikasi yang baik. Approach adalah saat tenaga penjual bertemu dan menyapa pembeli untuk membuka hubungan atau untuk suatu awal yang baik. Langkah ini melibatkan penampilan tenaga penjual. Kata-kata pembuka, dan penjelasan lebih lanjut
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Yamah Putera Rangkasbitung, sedangkan sampling datanya diambil oleh peneliti yaitu responden sejumlah 95 menggunakan rumus slovin dengan taraf eror level 10%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi penelitian kepustakaan dan kuisioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisi regresi linear sederhana, koefisien determinasi, rank sperman dan Uji t.
berdasarkan hasil rekapitulasi tanggapan responden diperoleh rata-rata sebesar 135,6, maka dari data yang diperoleh dari dari 95 responden, rata-rata menyatakan setuju mengenai personal selling pada PT. Yamaha Putera Rangkasbitung Persamaan garis regresi sederhana yang dihasilkan adalah Y 23.118 0.440x. hasil uji t untuk personal selling, diperoleh bahwa thung 2 tabel (4.5592 1.985). dan tingkat signifikan taraf signifikan a (0,000≤ 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. hasil pengujian koefisien determinasi dimana didapat nilai R² (R Square) adalah 0,183, jadi pengaruh dari variabel promosi sebesar 18.3% terhadap volume penjualan Dan 81,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti seperti harga. produk, dan saluran distribusi.
PT. Yamaha Putera Rangkasbitung hendaknya mengkombinasikan media-media promosi satu sama lain guna meningkatkan penjualan. Untuk tenaga pemasar sebaiknya diberikan pelatihan untuk memasarkan dengan baik sehingga nantinya memiliki skill dalam memasarkan produk PT. Yamaha Putera Rangkasbitung. Untuk meningkatkan volume penjualan, sebaiknya perusahaan melakukan kegiatanpersonal selling secara efektif terhadap penjualan sepeda motor Yamaha. Penelitian ini bisa dijadikan referensi bagi penelitian-penelitian lainnya yang sejenis dan dapat direplikasikan pada penelitian-penelitian di objek yang lainnya ataupun dengan mengubah model penelitia
Tidak tersedia versi lain