Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) DI STIE LA TANSA MASHIRO
Pelayanan merupakan upaya yang harus dilakukan untuk memenuhi kepuasan konsumen. STIE La Tansa Mashiro merupakan lembaga yang memberikan jasa palayanan keuangan dan sangat berkepentingan untuk senantiasa memberikan pelayanan yang berkualitas untuk memberikan rasa puas kepada para nasabalnya (mahasiswa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada LKMS di STIE La Tansa Mashiro.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi adalah keseluruhan nasabah pada LKMS di STIE La Tansa Mashiro. Sampel penelitian sebanyak 100 orang, diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan metode deskriptif-inferensial
Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah LKMS di STIE La Tansa Mashiro. Adapun besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 84,8% yang berarti kepuasan nasabah LKMS di STIE La Tansa Mashiro pada penelitian ini dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 84.8%, sisanya oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah para nasabah LKMS di STIE La Tansa Mashiro telah merasa puas atas pelayanan yang diberikan, pelayanan yang diberikan LKMS di STIE La Tansa Mashiro berada pada tingkatan yang baik, dan terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada LKMS di STIE La Tansa Mashiro. Saran yang penulis ajukan adalah hendaknya LKMS di STIE La Tansa Mashiro dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Penulis juga menyarankan untuk dilakukan penelitian dengan metode yang berbeda.
Tidak tersedia versi lain