Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM 1 GINTUNG JAYANTI TANGERANG BANTEN
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan yang baik terhadap kepuasan konsumen Di Pondok Pesantren Daar El Qolam 1 Tujuan penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu kegunaan teoritis dan kegunaan praktis Teoritis yaitu, 1) Bagi para pembaca untuk menambah pengetahuan dan referensi, 2) Bagi peneliti sendiri untuk menambah pengalaman dan pengetahuan akademik peneliti, dan hasil penelitian juga dapat digunakan untuk pengembangan ataupun referensi penelitian selanjutnya. Sedangkan kegunaan Praktis yaitu, 1) Bagi segenap civitas Di Pondok Pesantren Daar El Qolam 1 sebagai tambahan referensi dan pertimbangan dalam mengembangkan kualitas pelayanan, 2) Penelitian ini dapat menarik kepuasan konsumen dan menarik konsumen untuk percaya dan loyal terhadap lembaga pada Pondok Pesantren Daae El Qolam 1. Penelitian ini dilaksanakan dipondok pesantren Daar El Qolam 1 dengan jumlah sempel sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan kuesioner, metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif, yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi sederhana, uji t, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi menggunakan program SPSS versi 21.0.
maka dapat disimpulkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen dipondok pesantren Daar El Qolam 1 (Y) dengan koefisien regresi sebesar 0,356. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu 10,216 > 1,66071 dengan nilai signifikan variabel kualitas pelayanan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000.
Tidak tersedia versi lain