Skripsi
PENGARUH SISTEM ANTRIAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UNIT PELAYANAN TERPADU (UPT) PUSKESMAS PAJAGAN KABUPATEN LEBAK
Puskesmas Pajagan merupakan salah satu lembaga yang bertujuan untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan dan juga sebagai tulang punggung pelayanan kesehatan tingkat pertama. Untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemerintah dalam bidang kesehatan semestisnya selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan yang terbaik tersebut diantaranya adalah memberikan pelayanan yang cepat sehingga masyarakat atau konsumen tidak dibiarkan lama menunggu (mengantri) terlalu lama. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, (1) untuk mengetahui bagaimana system antrian UPT Puskesmas Pajagan Kabupaten Lebak, (2) untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen UPT. Puskesmas Pajagan Kabupaten Lebak, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh system antrian terhadap kepuasan konsumen pada UPT Puskesmas Pajagan Kabupaten Lebak
Metode penelitian yang digunakan adalah assosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen UPT Puskesmas Pajagan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling. Purpose sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan atau tujuan tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien yang melakukan pengobatan di loket pendaftaran yang menggunakan kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) pada bulan agustus yaitu sebanyak 690 pasien. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, dengan taraf errorlevel 10%, jadi sampel pada penelitian ini sebanyak 87 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penelitian lapangan, penelitian kepustakaan dan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi, analisis korelasi, koefisien determinası, dan uji t.
Berdasarkan perhitungan persamaan garis regresi sederhana yang dihasilkan adalah Y 14,212+0,661, berdasarkan perhitungan korelasi didapat nilai korelasi Sperman Rank variabel sistem antrian terhadap kepuasan konsumen yaitu sebesar 0,654. Hal ini menunjukan hasil yang positif atau searah, dengan kata lain, jika sistem antrian dapat berjalan dengan efektif dan efisien maka kepuasan konsumen meningkat. Dan berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi di dapat nilai R (R Square) adalah 0,398. Jadi pengaruh dari variabel sistem antrian sebesar 39,8% terhadap kepuasan konsumen. Dan 60,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil uji t untuk sistem antrian, diperoleh bahwa t-hitung ≥ t-tabel (7,499≥ 1,988), dan tingkat signifikan taraf signifikan a (0,000 ≤ 0,050), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh sistem antrian terhadap kepuasan konsumen.
Tidak tersedia versi lain