Skripsi
PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan harga saham yang mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. sedangkan para pemilik perusahaan menginginkan nilai perusahaan yang tinggi. sebab nilai perusahaan yang tinggi mencerminkan kemakmuran pemegang saham. Untuk menentukan nilai perusahaan dalam penelitian ini menggunakan Price to Book Value. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 perusahaan dengan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 33 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 20.
Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. dan secara simultan pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Implikasi praktis dalam penelitian ini adalah dapat digunakan bagi investor sebagai pedoman untuk melakukan investasi dan bagi perusahaan sebagai pedoman untuk memberikan informasi bagi calon investor serta perusahaan diharapkan dapat memberi perhatian pada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan guna meningkatkan nilai perusahaan.
Tidak tersedia versi lain