Skripsi
PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021
Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap suatu perusahaan yang berkaitan dengan harga saham perusahaan, yang dapat menggambarkan kekayaan pemegang saham dan juga menggambarkan kinerja perusahaan. Nilai perusahaan menjadi hal yang penting karena berkaitan erat dengan kemampuan perusahaan untuk mencapai salah satu tujuan perusahaan yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan pemiliknya dengan cara meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan dapat mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar BEI periode 2017-2021. Profitabilitas diukur dengan ROE, ukuran perusahaan diukur dengan SIZE dan nilai perusahaan diukur dengan PBV.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu seluruh Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sampel yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 31 perusahaan. Pengumpulan data yang diperoleh melalui data sekunder dengan metode dokumentasi berupa laporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Analisis Kolerasi, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis.
Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV), maka H₁ diterima. Ukuran Perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan (PBV), maka H2 ditolak. Sedangkan secara simultan Profitabilitas (ROE) dan Ukuran Perusahaan (SIZE) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV) maka H3 diterima.
Tidak tersedia versi lain