Skripsi
PENGARUH GROSS PROFIT MARGIN (GPM) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP MARKET VALUE PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2016
Market Value yang rendah mencerminkan ukuran perusahaan rendah terhadap saharm yang diperdagangkan, karena Gross Profit Margin yang rendah menyebabkan keadaan operasi perusahaan kurang baik, hal ini menunjukan bahwa harga pokok penjualan relatif lebih rendah dibandingkan penjualan sehingga pendapatan yang di terima perusahaan kurang maksimal dan dengan Return On Equity yang rendah akan menghambat pertumbuhan perusahaan dan pendapatan yang dihasilkan menurun, serta dapat menurunkan tingkat kepercayaan investor untuk menanankan sahamnya pada perusahaan sehingga permintaan saham menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan pengaruh Gross Profit Margin dan Return On Equity terhadap Market Value pada perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian metode deskriptif Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016 dengan jumlah 14 perusahaan. Sampel yang digunakan. yaitu 7 perusahaan dengan menggunakan perposive sampling.
Hasil pengujian yang telah dilakukan hasil ujit menunjukkan bahwa Gross Profit Margin (GPM) tidak berpengaruh negatif yang signifikan terhadap Market Value dimana thitung fabel yaitu -0,091 1,694 dan tidak signifikansi sebesar 0,928 0,05 yang artinya Ho diterima dan H, ditolak. Sedangkan Return On Equity (ROE) buitung label yaitu sebesar 2,594 1,694 dan nilai signifikansi sebesar 0,014
Tidak tersedia versi lain