Skripsi
STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN JENIS KELAMIN DI KABUPATEN LEBAK BANTEN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa di tinjau dari hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Yulianto, et al (2023). Kemampuan numerasi sangat penting dalam matematika karena matematika adalah tentang rumus dan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Fokus dalam penelitian ini yaitu di Kabupaten Lebak Banten, dikarenakan pada wilayah ini tingkat kemampuan numerası masih cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan numerasi siswa berdasarkan jenis kelamin. Metode yang dilakukan adalah survei cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif Populasi dalam penelitian ini sebanyak 864 siswa SMP Negeri di
Kabupaten Lebak-Banten dengan menggunakan Stratified random sampling. dikarenakan sekolah yang menjadi sasaran penelitian berdasarkan akreditasi A dan B. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling (Isaac dan Michael) dikarenakan jumlah populasi yang terlalu besar sehingga ditetapkan sebanyak 266 siswa SMP dari empat sekolah dengan rincian siswa laki-laki sebanyak 126 dan siswa perempuan sebanyak 140 di kelas VIII SMP yang berasal dari 4 kecamatan yang berbeda di Kabupaten Lebak-Banten. Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, tes numerasi yang diadposi dari soal AKM, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan numerasi dengan tipe essay sebanyak 5 soal yang sudah valid dengan reliabilitas tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji T. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan mempunyai kemampuan numerasi yang berbeda, yang dimana siswa perempuan lebih unggul dibandingkan siswa laki-laki.
Tidak tersedia versi lain