Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu proses berpikir yang dilakukan individu untuk mengorganisir pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang dimiliki Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gaya kognitif siswa SMA di Kabupaten Lebak, 2) kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gaya kognitif siswa SMA dalam menyelesaikan soal numerasi di Kabupaten Lebak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 3 SMA di Kabupaten Lebak dengan sasaran penelitian di kelas XI. Pengumpulan data melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket gaya kognitif. Analisis data menggunakan reduksi
data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) gaya kognitif siswa dari 88 siswa SMA kelas XI diperoleh 57 siswa gaya kognitif field independent dan 31 siswa gaya kognitif field dependent 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya kognitif field independent pada tahap memahami masalah termasuk ke dalam kategori baik. Sedangkan pada tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali termasuk ke dalam kategori cukup. Sementara itu, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent pada tahap memahami masalah termasuk ke dalam kategori cukup. Sedangkan pada tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali termasuk ke dalam kategori kurang.
Tidak tersedia versi lain