Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas La Tansa Mashiro Rangkasbitung, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Ganes Tournament (TGT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP La Tansa 2. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling.
Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Hasil analisis ini menggunakan regresi linear sederhana yang menunjukkan signifikansi sebesar 0,008, yang berarti terdapat pengaruh signifikan. Selain itu, hasil uji t dengan Independent Sample T-Test menunjukkan signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan H. diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.
Tidak tersedia versi lain